Plat nomor merupakan bagian yang sangat penting dari kendaraan bermotor. Maka, jangan kaget jika plat nomor kendaraan Anda tidak sesuai standar, Anda harus siap kena tilang. Plat nomor ini berfungsi sebagai identitas kendaraan bermotor, yang mana di dalamnya memuat semua data dan informasi kepemilikan kendaraan tersebut. Nomor yang tertulis pada plat pun berbeda-beda, yang harus diketahui adalah kode huruf depan plat yang menunjukkan kode wilayah registrasi kendaraan. Seperti plat nomor Z yang menunjukkan kode wilayah Jawa Barat bagian timur. 

Tabel Kode Wilayah Plat Nomor Z 

Dalam penulisan plat nomor kendaraan bermotor, urutannya adalah huruf kemudian diikuti dengan 4 digit angka dan huruf lagi. Susunan ini memiliki arti yang berbeda-beda, seperti huruf pertama pada plat yang menunjukkan kode wilayah. Contohnya plat nomor Z yang menunjukkan kode wilayah Jawa Barat bagian timur atau dalam istilah yang sering digunakan adalah wilayah eks keresidenan Priangan Timur seperti Sumedang, Garut, dan Tasikmalaya. 

Untuk lebih memudahkan dalam membaca, berikut ini adalah daftar tabel plat nomor dengan kode wilayah Z beserta kode kabupaten yang menunjukkan asalnya. Tabel ini akan memudahkan Anda dalam membaca plat nomor. Atau, jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai status pajak kendaraan dengan plat nomor Z, Anda bisa mengakses situs https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.

Nama Kabupaten / Kota Kode Plat DepanKode Plat Belakang
Kabupaten Sumedang A*/B*/C* 
Kabupaten Garut ZD*/E*/F*/G* 
Kabupaten TasikmalayaK*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S* 
Kota TasikmalayaH*/I*/J* 
Kabupaten Ciamis T*/U*/V* 
Kabupaten Pangandaran W* 
Kota Banjar X*/Y*/Z*
daftar kode wilayah plat Z

Aturan Pemasangan Plat Nomor Kendaraan

Sebagai salah satu komponen terpenting dari kendaraan bermotor, Anda juga harus tahu bagaimana pemasangan plat nomor kendaraan bermotor yang benar. Mengetahui kode wilayah plat nomor, seperti plat nomor Z yang menunjukkan wilayah Jawa Barat bagian timur, akan memberi wawasan tambahan bagi pengendara. 

Berita terkait:  Daftar Tarif Tol Jakarta-Bandung Terbaru 2020 [JORR - Cipularang]
Plat Nomor Z
Plat Nomor Z

Sementara itu, di sisi lain mengetahui aturan pemasangannya adalah wajib. Dengan mengetahui aturan pemasangan plat nomor yang benar, nantinya ketika kendaraan digunakan berkendara di jalan, Anda tidak akan terkena razia oleh polisi. Lalu apa saja aturannya?

Tempat atau Posisi Pemasangan 

Plat nomor (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor sesuai tempat yang disediakan. Khusus untuk bagian belakang, nomor plat diberi lampu tanda nomor kendaraan bermotor. Jika Anda berniat memindah posisinya, pastikan posisinya tidak jauh berpindah dari posisi aslinya supaya tetap terlihat. 

Lampu Tanda Nomor Kendaraan Bermotor 

Sudah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa dalam pemasangan plat nomor atau nomor tanda kendaraan bermotor, khususnya yang dipasang di bagian belakang, haruslah dilengkapi dengan lampu. Lampu tanda nomor kendaraan bermotor ini harus berwarna putih supaya bisa dibaca dengan jarak minimal 50 meter dari bagian belakang.

Terdapat Logo Lantas 

Tidak hanya syarat fisik, tanda nomor kendaraan bermotor juga harus dijamin legalitasnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya logo Polantas dan Korlantas. Masing-masing untuk logo Polantas terletak di sudut kanan bawah dan kiri atas. Sedangkan tulisan Korlantas Polri letaknya di sudut kanan atas dan kiri bawah. Jadi, selain huruf yang menunjukkan kode wilayah, seperti plat nomor Z yang menunjukkan wilayah eks Keresidenan Priangan Timur, logo ini juga harus ada pada plat nomor mobil Anda.

plat nomor mobil indonesia
plat nomor mobil indonesia

Jangan Dimodifikasi 

Salah satu pantangan yang justru sering dilanggar oleh pemilik kendaraan bermotor berkaitan dengan plat nomor adalah melakukan modifikasi. Usahakan hanya memakai plat nomor standar yang diberikan Satlantas. Jangan memodifikasi dengan mengubah font tulisan menjadi font tulisan digital misalnya. 

Berita terkait:  Arti Plat Nomor K dan Kode Belakangnya

Ada pula pemilik kendaraan bermotor yang memodifikasi plat nomornya diubah supaya membentuk nama. Jadi meskipun plat nomor Z tetap dipertahankan, tak sedikit pemilik kendaraan yang mengubah bagian belakangnya supaya bisa membentuk nama atau tanggal tertentu sesuai keinginan pemiliknya. Hal ini tentu tidak dibenarkan, karena sekali lagi tindakan modifikasi ini justru akan membuat plat nomor menjadi sulit dibaca.

Itulah tadi pembahasan tentang plat nomor Z dan wilayah yang memiliki plat nomor ini. Plat nomor sebagai identitas kendaraan merupakan bagian penting dari kendaraan. Jadi, pemasangannya pun sudah diatur dalam undang-undang sebagaimana yang dijelaskan secara garis besar di atas.

Write A Comment