Pernahkah Anda melihat orang kena tilang, atau justru malah mengalami sendiri, terkena tilang karena plat nomor tidak terpasang semestinya atau tidak ada plat nomornya? Ya, jangan salah meski kelihatannya hanya berfungsi sebagai aksesoris atau hiasan, plat tetap harus terpasang dengan baik di kendaraan bermotor. Jika Anda perhatikan secara seksama, Anda akan menemukan 1 perbedaan mendasar pada plat ini, yaitu nomor plat yang dibuat berbeda-beda. Pertanyaannya sekarang, apakah Anda tahu plat nomor S digunakan untuk wilayah mana saja?

Tabel Plat Nomor S dan Kode Daerah Asalnya 

Plat nomor S ini digunakan untuk wilayah-wilayah yang masuk dalam eks keresidenan Bojonegoro. Ada Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Lamongan. Nah, agar lebih berbeda lagi, selain huruf di bagian depan, pembedanya juga ada pada huruf setelah angka nomor polisi. Dengan melihat huruf tersebut, Anda jadi tahu asal dari kendaraan tersebut.

Nama Kabupaten / KotaKode Plat Depan Kode Plat Belakang
Kabupaten BojonegoroA*/C*/B*/D* 
Kota Mojokerto SS*/T*/U*/V* 
Kabupaten Tuban E*/F*/G*/H* 
Kabupaten Mojokerto M*/N*/O*/P*/Q*/R*
Kabupaten JombangW*/X*/Y*/Z*  
Kabupaten Lamongan I*/J*/K*/L*  
Daftar kode wilayah plat S

Cara Membaca Plat Nomor Kendaraan

Sekarang Anda sudah tahu cakupan wilayah dari plat nomor S mencakup daerah mana saja. Setelah mengetahui cakupan wilayah dari huruf pertama plat ini, Anda setidaknya juga harus bisa membaca plat nomor secara keseluruhan. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam mengidentifikasi identitas dan asal kendaraan. Begini caranya. 

Huruf Pertama Plat Nomor Kendaraan

Dilihat dari susunan plat nomor kendaraan, umumnya adalah huruf-angka (1-4 digit)- huruf. Nah, untuk huruf pertama ini, sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya menunjukkan kode wilayah. Maksud kode wilayah disini adalah wilayah dimana kendaraan tersebut terdaftar di Samsat atau diregistrasikan di wilayah mana kendaraan tersebut. Jadi jika Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dimulai dengan S  atau plat nomor S artinya kendaraan tersebut diregistrasikan di Samsat daerah eks keresidenan Bojonegoro.

Berita terkait:  Daftar Tarif Tol Batang-Semarang Terbaru [Info Lengkap]
Contoh Plat Nomor Jombang
Contoh Plat Nomor Jombang

Angka Nomor Plat

Sesudah huruf pertama, yang bisa terdiri dari 1 sampai 2 huruf, selanjutnya adalah angka yang berada setelahnya. Angka yang tertulis disini biasanya terdiri dari 1-4 digit angka. Deretan angka yang digunakan mulai dari 1-9999. Deretan angka ini pun memiliki arti tersendiri. 

Misalnya, untuk kendaraan yang memiliki nomor polisi antara 1-2999 artinya kendaraan tersebut adalah jenis kendaraan penumpang. Berikutnya jika deret angka yang digunakan adalah 3000-6999 maka deret angka ini hanya digunakan untuk jenis kendaraan sepeda motor. Apabila deret angka yang digunakan adalah 7000-7999 hanya digunakan untuk jenis kendaraan bus dan sebagainya. 

Karena sudah adanya aturan ini, maka jika Anda berniat memodifikasi nomor kendaraan, diperbolehkan asalkan sesuai dengan aturan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Pemilik kendaraan bermotor juga akan dikenakan biaya pembuatan plat nomor modifikasi yang lebih mahal dari umumnya. 

Contohnya, untuk modifikasi dengan 1 angka tanpa huruf di belakangnya, pemilik akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000.000. Ada pula modifikasi satu angka dengan huruf di belakangnya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.000 dan seterusnya. Jadi, dengan biaya yang cukup tinggi ini, tidak semua orang bisa memodifikasi nomor platnya, dan pastinya harus melalui prosedur sesuai aturan perundang-undangan.

Huruf Sesudah Nomor Plat

Di bagian paling belakang ada lagi kombinasi huruf yang terdiri dari 2-3 huruf. Jika huruf pertama tadi menunjukkan kode wilayah registrasi kendaraan seperti plat nomor S yang diregistrasi di wilayah eks keresidenan Bojonegoro, maka kombinasi huruf di belakang ini memiliki arti berbeda lagi. 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, huruf di belakang bisa terdiri dari 2-3 huruf. Huruf pertama setelah nomor menunjukkan daerah asalnya, sebagaimana yang sudah dijelaskan pada tabel di atas. Huruf selanjutnya menunjukkan jenis kendaraan tersebut, apakah kendaraan tersebut berjenis sedan, minibus, jip atau SUV, truk dan lain sebagainya.

Berita terkait:  Arti Plat Nomor K dan Kode Belakangnya
Plat Nomor Mobil Dinas Indonesia
Plat Nomor Mobil Dinas Indonesia

Nah, dari penjelasan di atas sekarang Anda sudah bisa membaca plat nomor kendaraan bermotor sendiri bukan? Selain mengetahui dari wilayah mana kendaraan tersebut diregistrasikan, contohnya plat nomor S yang menunjukkan kode wilayah eks keresidenan Bojonegoro, Anda juga bisa tahu, daerah mana kendaraan tersebut berasal serta apa jenisnya hanya dengan membaca plat nomornya saja.

Untuk informasi berkaitan dengan kendaraan bermotor dengan plat S yang lebih lengkap, bisa diakses di alamat web berikut https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/.

Write A Comment