Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau yang lebih sering disebut dengan plat nomor merupakan bagian aksesoris pada kendaraan bermotor yang terbuat dari plat aluminium dimana nomor polisi yang terdaftar tertulis di permukaannya. Kalau Anda ditanya plat nomor R, tahukah Anda huruf tersebut merupakan kode untuk wilayah mana? 

Daftar Tabel Plat Nomor R

Sudah menjadi pengetahuan umum bagi para pemilik kendaraan bermotor bahwa setiap wilayah di Indonesia memiliki kode plat nomor berbeda yang berfungsi sebagai identitas. Kode wilayah ini ditandai oleh huruf paling awal pada plat nomor. Kemudian diikuti dengan nomor polisi dan huruf lagi yang mengindikasikan kabupaten atau kota registrasi kendaraan tersebut. 

Plat nomor R sendiri merupakan plat nomor yang digunakan di wilayah eks keresidenan Banyumas yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Plat nomor dengan kode R ini mencakup beberapa wilayah lagi, dimana setiap wilayahnya bisa ditandai dengan huruf paling akhir setelah nomor polisi pada plat nomor. Untuk lebih detailnya, berikut adalah tabel wilayah yang termasuk dalam cakupan plat R.

Nama Kabupaten/KotaKode Plat DepanKode Plat Belakang
Kabupaten Banyumas G*/E*/A*/J*/H*/S*/X*
Kabupaten Banjarnegara D*/I*/M*/O*/W*/Y*
Kabupaten CilacapB*/K*/F*/N*/P*/R*/T*
Kabupaten Purbalingga C*/L*/U*/Q*/V*/Z*
Daftar wilayah plat R

Setelah kode wilayah tersebut, penulisan plat nomor dilanjutkan dengan nomor polisi yang terdiri atas 1-4 angka. Setelah itu dilanjutkan dengan huruf seri mulai dari A-Z di belakang angka pendaftaran yang terdiri dari 1-4 angka tadi. Huruf di belakang angka pendaftaran ini bisa sampai 2 atau 3 digit. 

Cara Ganti Plat Nomor 

Pemilik kendaraan semua pasti tahu jika plat kendaraan bermotor hanya berlaku selama 5 tahun. Setelah 5 tahun, plat harus diperbarui agar registrasi motor Anda tetap berlaku. Jika nomor registrasi sudah dihapus, maka Anda tidak bisa meregistrasikan lagi dan pastinya kendaraan tidak bisa dipakai lagi. Kalau plat nomor R Anda sudah habis masa berlakunya, Anda bisa memperbaruinya lagi dengan membawa dokumen persyaratannya.

Berita terkait:  [Daftar Lengkap] Kode Plat Nomor Jabodetabek Terbaru 2020
Plat Nomor R
Plat Nomor R

Persyaratan yang dibutuhkan untuk memperbarui plat nomor adalah STNK asli dan fotokopi, KTP yang sesuai dengan yang tercantum pada STNK asli dan fotokopi, BPKB fotokopi dan asli, serta motor yang akan diperbarui nomor platnya. Apabila proses pembaruan plat nomor ini dikuasakan kepada orang lain, maka Anda juga harus menyertakan surat kuasa. Setelah persyaratan yang dibutuhkan lengkap, ikuti prosedurnya berikut ini.

  1. Datang ke Loket Pengecekan Fisik

Langkah prosedur pertama pembaruan plat nomor R Anda adalah datang ke samsat terdekat dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan kendaraan yang nomor platnya akan diperbarui. Serahkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan ambil nomor antrean beserta kertas gesek. Jika sudah langsung datangi lokasi pengecekan fisik dan tunggu sampai dipanggil oleh petugas untuk melakukan prosedur pengecekan nomor mesin & nomor rangka mesin.

  1. Bawa Hasil Pengecekan Fisik ke Bagian Legalisir

Setelah proses pengecekan fisik selesai, serahkan hasilnya ke bagian legalisir. Isikan data pada formulir yang disediakan untuk kemudian dilakukan proses verifikasi data oleh petugas.

  1. Lanjut ke Loket Pembayaran

Jika proses legalisir hasil cek fisik selesai, tahap pembaruan plat nomor R berikutnya berlanjut ke loket pembayaran. Jangan lupa siapkan uang untuk pembaruan plat dan pembayaran pajak kurang lebih Rp 160.000. Ambil nomor antrean lagi dan tunggu sampai giliran Anda membayar. Jika sudah selesai dengan urusan pembayaran, nantinya Anda akan mendapatkan dua lembar bukti pembayaran berwarna putih dan biru. Lembar yang digunakan untuk mengambil plat nomor yang sudah diperbarui adalah lembar putih.

Plat Nomor Mobil Sedan Minibus
Plat Nomor Mobil Sedan Minibus
  1. Plat Nomor dan STNK Baru Sudah Bisa Diambil

Terakhir, jika semua prosedur sudah selesai dilaksanakan, Anda tinggal mengambil plat nomor dan STNK yang sudah diperbarui. Periksa dulu apakah plat nomor yang diberikan sama dengan yang tertera di STNK atau tidak. Jika sudah maka plat baru pun siap dipasang.

Berita terkait:  Kode Wilayah Plat Nomor Z dan Arti Huruf Belakangnya

Plat nomor kendaraan tidak hanya berfungsi sebagaimana aksesoris, namun juga identitas. Karena itu, jika masa berlakunya sudah habis, Anda wajib memperbaruinya. Nah penjelasan tentang cakupan wilayah plat nomor R dan bagaimana memperbarui plat nomor yang sudah habis masa berlakunya di atas semoga bisa membantu Anda.

Write A Comment