Pernahkah Anda memperhatikan plat nomor kendaraan Anda dengan plat nomor kendaraan orang lain? Jika iya, Anda pasti tahu bahwa antara satu kendaraan dengan kendaraan lain memiliki perbedaan pada plat nomornya. Terutama kode yang tertera pada plat tersebut. Seperti misalnya untuk plat nomor N yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut terdaftar di wilayah eks karesidenan Malang. 

Tabel Daerah dengan Plat Nomor N

Kalau merujuk pada huruf awal yang tercantum pada plat nomor, maka Anda akan mengetahui dari wilayah mana kendaraan tersebut berasal. Namun, dalam 1 wilayah registrasi tersebut masih terdiri dari beberapa daerah yang masuk dalam wilayah dengan plat nomor yang sama. Seperti untuk plat nomor N yang merupakan wilayah eks karesidenan Malang, di dalamnya masih terdiri dari beberapa daerah lagi.

Daerah yang termasuk dalam wilayah plat nomor N ini antara lain Kota dan Kabupaten Malang, Blitar, Batu, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kabupaten dan Kota Pasuruan serta Kabupaten Lumajang. Daerah-daerah tersebut dapat dikenali dengan melihat huruf pertama setelah angka nomor polisi yang tertulis pada plat. Lebih lengkapnya, berikut ini tabel kode huruf plat beserta asal daerahnya.

Nama Kabupaten / Kota Kode Plat Depan Kode Plat Belakang
Kota Malang A**/E**/B*/C*
Kabupaten Malang  ND**/J*/G*/F*/H*/I*
Kabupaten Pasuruan  NT**/O*/W*
Kota Pasuruan NV**/X* 
Kota Batu  K**/L* 
Kabupaten Probolinggo M**/P*/N* 
Kota Probolinggo Q**/S*/R* 
Kabupaten LumajangU**/Z*/Y* 
Daftar wilayah dengan plat nomor N
Contoh Mobil Plat Malang
Contoh Mobil Plat N dari Kab. Malang

Arti Warna Plat Kendaraan Bermotor 

Setelah mengetahui mencakup daerah mana saja plat nomor N tersebut, informasi dasar lain yang harus Anda ketahui berkaitan dengan plat nomor adalah arti warna pada plat nomor. Jika Anda perhatikan, Anda pasti tahu bahwa plat nomor kendaraan ini memiliki warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna dasar pada plat ini menunjukkan jenis kendaraannya. 

Berita terkait:  Tarif Tol Mojokerto-Kertosono Terbaru dan Pembagian Seksi 1-3

Mengacu pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia tahun 2012, setidaknya ada lima jenis kendaraan yang bisa dilihat dari perbedaan warna dasar pada plat yang digunakan. Lima jenis kendaraan yang dibedakan berdasarkan warna plat nomornya tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Plat Warna Hitam, Tulisan Putih
Contoh Plat Nomor Malang
Contoh Plat Nomor Malang

Jenis pertama yang paling sering dijumpai di jalanan secara umum adalah plat dengan warna dasar hitam kemudian tulisan digunakan di atas plat tersebut berwarna putih. Jika Anda melihat kendaraan dengan warna dan jenis plat demikian, maka bisa dipastikan kendaraan tersebut termasuk kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. 

  1. Plat Warna Dasar Kuning

Selanjutnya ada juga kendaraan dengan warna dasar platnya kuning. Biasanya plat dengan dasar warna kuning ini tulisan yang digunakan berwarna hitam yang bertujuan agar plat nomornya mudah dibaca dari jarak jauh. Untuk jenis plat dengan warna dasar kuning ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut termasuk kendaraan umum, seperti bus, angkutan kota dan jenis kendaraan umum lainnya. 

  1. Plat Warna Merah

Meski jumlahnya tidak sebanyak plat berwarna hitam dan kuning, plat dengan warna dasar merah ini juga cukup sering dijumpai. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kendaraan dengan plat berwarna dasar merah ini. Karena plat merah ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas milik pemerintah.

  1. Plat Berwarna Dasar Hijau

Berbeda dengan jenis plat sebelumnya yang keberadaannya cukup sering dijumpai di jalanan umum, plat dengan warna dasar hijau ini tidak akan dijumpai di jalan umum. Karena, plat dengan warna dasar hijau ini hanya digunakan oleh kendaraan yang berada di wilayah perdagangan bebas (Free Trade Zone). 

Wilayah perdagangan bebas ini ditandai dengan adanya bebas bea masuk. Kenapa kendaraan ini tidak bisa ditemukan secara bebas di jalanan? Karena mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan, kendaraan dengan plat hijau ini tidak bisa dimutasikan atau dioperasikan di luar wilayah perdagangan bebas tersebut.

  1. Plat Warna Biru, Tulisan Putih
Berita terkait:  Daftar Kode Plat Nomor W dan Arti Huruf Belakangnya

Jenis plat terakhir adalah berwarna dasar biru dengan tulisan berwarna putih. Kendaraan dengan jenis plat ini juga tidak banyak beredar di jalan. Kendaraan dengan plat ini adalah kendaraan yang khusus digunakan oleh korps Diplomatik Asing. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu dari mana plat nomor N berasal dan daerah-daerah apa saja yang menggunakan plat nomor ini. Anda juga sudah tahu warna plat yang digunakan untuk kendaraan bermotor serta penggunaannya. Anda bisa mengakses https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/ untuk informasi lebih lengkap.

Cek Plat Nomor P Di Esamsat Jatim
Cek Plat Nomor P Di Esamsat Jatim

Write A Comment