Berapa Jam dari Padang ke Pematang Siantar, Jarak dan Rute yang Bisa Dipilih

Rute Padang-Pematang Siantar

Dua kota besar Padang dan Pematang Siantar yang akan dijelaskan di dalam artikel ini berada di wilayah Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Jika anda akan bepergian ke wilayah Pematang Siantar dari Padang, tulisan ini pas untuk sobat. Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui bahwasanya jarak antara dua kota ini tergolong cukup jauh yakni sekitar 651 km.

Kondisi Wilayah Padang dan Pematang Siantar

Baik Padang dan Pematang Siantar keduanya adalah kota besar di Indonesia. Mobilitas yang tinggi membuat akses menjadi lebih mudah. Tak hanya itu saja, fasilitas umum, sarana perkantoran, dan tempat wisata yang bisa dibilang lengkap dan memadai juga membuat kedua kota ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dari kota lainnya.

Jika dilihat dari segi geografis, Kota Padang letaknya utara dari Kota Pematang Siantar. Sebaliknya, Kota Pematang Siantar berada di selatan dari Padang. Letaknya yang berada pada sisi geografis yang sama, menyebabkan kedua kota ini memiliki budaya yang tidak berbeda jauh pula.

Jarak Padang-Pematang Siantar

rute perjalanan Padang-Pematang Siantar
rute perjalanan Padang-Pematang Siantar
Jarak Tempuh Padang-Pematang Siantar651 km
Waktu Tempuh16 jam 55 menit
Jalan tol

Hal Menarik yang Ada di Padang dan Pematang Siantar

Padang atau yang sering dijuluki sebagai kota bengkuang memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan. Selain itu, ada banyak hal yang bisa di eksplor jika Anda mengunjunginya, dari mulai wisata kuliner, tempat rekreasi keluarga, pusat perbelanjaan, spot foto kekinian, bahkan ada beberapa spot viral yang menyebabkan banyak orang dari kota lain selalu berkunjung ke Padang.

Tak berbeda jauh dengan Pematang Siantar, atau yang biasa dijuluki dengan kota bisnis serta pemerintahan pun memiliki tempat menarik untuk dikunjungi. Baik masyarakat Padang kerap berkunjung ke Pematang Siantar, begitupula sebaliknya.

Cara Menuju Pematang Siantar dari Padang

Rute Padang-Pematang Siantar 2
Rute Padang-Pematang Siantar 2

Setelah membahas tentang jarak tempuh dari Padang-Pematang Siantar, selanjutnya kita akan membahas tentang rute perjalanan di dua kota tersebut. Untuk tiba di Pematang Siantar dari Padang, Anda bisa menggunakan berbagai jenis transportasi baik pribadi maupun umum dengan sangat mudah. Ada banyak layanan transportasi umum seperti bus, travel, kereta api, bahkan pesawat yang bisa dipesan dengan mudah. Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, maka bisa memilih rute Padang – Pariaman – Agam – Pasaman – Tapanuli Selatan – Pematang Siantar. Keuntungannya, penumpang akan dikenakan biaya yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan moda transportasi cepat seperti kereta api atau pesawat terbang.

Tiap-tiap transportasi memiliki durasi tempuh yang berbeda-beda, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, waktu tempuhnya bisa sekitar 16 jam 55 menit tanpa adanya kemacetan dijalan. Namun jika jalanan sedang padat, bisa saja waktu tempuhnya mencapai 19 jam 25 menit.

Rute Padang-Pematang Siantar 1
Rute Padang-Pematang Siantar 1

Saat ini baru tersedia rute untuk bus dan kendaraan pribadi, Bila anda ingin menggunakan jalur kereta api, rute Padang Pematang Siantar. masih belum tersedia. Kita berharap, moda transportasi yang cukup terkenal ramah dikantong masyarakat (kereta api) bisa segera terwujud.

Berapa Jam Padang Pematang Siantar?

Rute Padang-Pematang Siantar 3
Rute Padang-Pematang Siantar 3

Terakhir kita akan membahas tentang jarak waktu tempuh untuk perjalanan dari Padang ke Pematang Siantar. Sesuai dengan data diatas, sebelum adanya pembangunan jalan tol, waktu tempuh antar dua kota ini mencapai 16 jam 55 menit saat weekdays, dan 19 jam 25 menit saat weekend.

Untuk saat ini jalur toll antara Padang Pematang Siantar masih belum tersedia. Semoga kedepannya, akan ada jalur yang menghubungkan kedua kota ini (Padang Pematang Siantar) agar jarak yang lumayan jauh yakni 651 km bisa dicapai dengan waktu yang lebih pendek.

Demikian ulasan Sharetrans.id terkait jarak tempuh dari Padang-Pematang Siantar maupun sebaliknya. Silahkan pilih mode transportasi yang sekiranya membawa kenyamanan Anda selama perjalanan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga.