Cara dan Rumus Menyelesaikan Rubik yang Berantakan [Complete Guide]

Daftar isi [Tampil]

Memainkan rubik adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain bisa mengasah ketajaman otak dan daya ingat, permainan satu ini juga bisa melatih fokus Anda. Seperti Anda ketahui, saat ini ada banyak sekali jenis rubik yang tersedia. Namun, yang paling banyak dimainkan adalah rubik 3x3 dan 4x4.

Merapikan rubik seperti ini memang terlihat mudah. Padahal ada trik khusus yang harus Anda lakukan untuk membuatnya rapi kembali. Sama seperti pemrograman, ada algoritma unik yang harus Anda terapkan jika ingin rubik kembali rapi seperti semula.

cara menyelesaiakan rubik yang berantakan
cara menyelesaiakan rubik yang berantakan

Cara dan Tips Menyelesaikan Rubik 3x3 Berantakan

Cara pertama yang akan dibahas disini adalah rubik 3x3. Ini merupakan rubik paling sederhana yang bisa Anda temukan saat ini. Cara untuk merapikannya juga tidak terlalu sulit, namun tentu saja ada beberapa poin penting yang harus dipahami terlebih dahulu. Ini dia listnya:

dasar menyelesaikan rubik 33
dasar menyelesaikan rubik 33

1. Pahami Nama Dasar Rubik 3x3

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami nama dasar dari rubik itu sendiri. Rubik 3x3 memiliki 27 rubik kecil di keenam sisinya. Masing-masing dari 27 rubik ini memiliki nama. Penting bagi Anda untuk mengenal namanya sebelum belajar mengembalikannya seperti semula.

NamaPosisi
CenterTerletak di bagian tengah rubik. Ini merupakan rubik paten yang ada di bagian tengah rubik, posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.
EdgeTitik tengah pada bagian samping rubik.
CornerSetiap ujung pada rubik Anda.
LayerKetiga sisi yang ada pada rubik dari mulai layer 1, layer 2, dan layer 3.

Setelah memahami nama-nama dari rubik di atas, selanjutnya Anda bisa mulai mempelajari dasar pergerakan rubik.

2. Pahami Dasar Pergerakan Rubik

Tips lain yang harus Anda pahami adalah mengenal dasar pergerakan rubiknya 3x3. Untuk menghafalnya mungkin sulit, tapi agar lebih mudah gerakan tersebut diubah menjadi kode. Berikut ini deretan kode paling umum yang biasa digunakan oleh para pecinta rubik:

KodeArtinya
R (Right)Putar sisi kanan rubik ke arah depan.
R' (R aksen)Putar sisi kiri rubik ke belakang.
L (Left)Putar sisi kiri rubik ke depan.
L' (L aksen)Putar sisi kiri rubik ke belakang.
U (Up)Putar sisi atas rubik ke kanan.
U' (U aksen)Putar sisi atas rubik ke kiri.
D (Down)Putar sisi bawah rubik ke kanan.
D' (D aksen)Putar sisi bawah rubik ke kiri.
F (Front)Putar sisi depan rubik searah jarum jam.
F' (F aksen)Putar sisi depan rubik melawan arah jarum jam.
f (F kecil)Putar 2 layer dari sisi depan rubik ke arah jarum jam.
f' (F kecil aksen)Putar 2 layer sisi depan rubik ke melawan arah jarum jam.
B (Back)Putar sisi belakang dari rubik searah dengan jarum jam.
B' (B aksen)Putar sisi belakang dari rubik melawan arah jarum jam.

Ingat kode di atas dengan baik. Dengan menggunakan kode tersebut, Anda bisa menyelesaikan rubik yang teracak dengan sangat mudah. Mari lanjut ke tahap yang ketiga.

menyelesaikan rubik paling umum 3x3
menyelesaikan rubik paling umum 3x3

3. Rumus Penyelesaian Rubik 3x3

Untuk menyelesaikan rubik 3x3 yang teracak, cara penyelesaiannya juga tidak terlalu sulit. Untuk mudahnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini sampai selesai:

  1. Pertama, pastikan untuk fokus terhadap satu warna saja. Sebagai contoh, Anda bisa jadikan warna merah sebagai patokan.
  2. Selanjutnya, Anda bisa membentuk cross (+) merah. Jadikan saja warna kuning sebagai center. Ini merupakan langkah dasar yang harus Anda lakukan.
  3. Bentuk cross merah ini secara sempurna, lalu samakan edge (top layer) yang berada tepat di samping kotak merah dengan centernya.
  4. Sempurnakan layer utama ini dengan rumus atau kode L U’ L dan R U R’. Dengan kode tersebut, layer pertama akan selesai dirapikan.
  5. Selanjutnya, Anda bisa menyelesaikan layer kedua. Sebagai contoh, Anda bisa menjadikan warna putih sebagai patokan. Langsung saja cari center dan edge dengan warna yang sama. 
  6. Lalu putar ke arah layer putih hingga terbentuk pola T.
  7. Untuk penyelesaian, gunakan rumus U R U' R' atau U' L' U L. Dengan rumus tersebut, secara otomatis layer kedua akan terselesaikan.
  8. Selanjutnya, Anda bisa menyelesaikan layer ketiga. Caranya adalah dengan membentuk cross pada warna kuning. Putar edge yang ada di sampingnya menggunakan rumus F R U R' U' F'.
  9. Untuk edge yang ada di seberangnya, rapikan layer dengan menggunakan rumus f R U R' U' f'. 
  10. Kalau sudah terbentuk sisi kuning, Anda hanya tinggal melakukan pemutaran pada bagian cornernya dengan rumusan R U R' U R U U R'.
  11. Setelah ini, Anda bisa langsung masuk ke layer keempat. Caranya juga sangat mudah. Setelah Anda menyelesaikan semua sisi kuning hingga sempurna, kini hanya tinggal menyelesaikan sisi lain yang masih teracak dan belum rapi.
  12. Gunakan rumus R U R' F' R U R' U' R' F R2 U' R' U' untuk menyelesaikan sisi yang belum selesai. Anda juga bisa menggunakan rumus R U' R U R U R U' R' U' R2 apabila ada sisi yang masih belum sempurna.
  13. Jika edge dan corner masih berlainan warna, Anda bisa menggunakan rumus R2 U R U R' U' R' U' R' U' R' untuk menyelesaikannya.

Selamat, kini Anda sudah bisa menyelesaikan rubik 3x3 yang teracak sampai tuntas. 

Cara dan Tips Menyelesaikan Rubik 4x4 Berantakan

Dasar Menyelesaikan Rubik 4x4
Dasar Menyelesaikan Rubik 4x4
Selain rubik 3x3, jenis rubik lain yang tidak kalah populer adalah 4x4. Cara menyelesaikan jenis rubik satu ini juga sama sekali tidak sulit. Hanya saja caranya tentu lebih panjang dibandingkan dengan rubik 3x3. Cara penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

1. Mengenali Notasi Rubik 4x4

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali notasi dari rubik 4x4 itu sendiri. Tentu saja caranya sama dengan rubik 3x3. Anda bisa merujuk pada poin-poin di bawah ini:

KodeArtinya
FPutar sisi depan luar mengikuti arah jarum jam.
U'Putar sisi depan luar melawan arah jarum jam.
L2Putar sisi kiri wajah dengan rotasi 180 derajat.
FwPutar dua sisi blok bagian luar mengikuti arah jarum jam.
FPutar dua kali irisan bagian dalam.

Setelah Anda memahami notasi gerak dari rubik 4x4 di atas, Anda bisa lanjut ke tahap pengenalan gerakan dasar di dalamnya.

2. Dasar Pergerakan Rubik 4x4

Sama seperti rubik 3x3, untuk pergerakan rubik 4x4 ini juga menggunakan huruf. Setiap huruf mewakili gerakan yang berbeda. Jadi Anda bisa merujuk pada tabel yang sudah diberikan sebelumnya untuk melihat kodetifikasi ini. 

Setelah kode tersebut Anda pahami sepenuhnya, kini Anda bisa langsung lanjut ke tahap penyelesaian.

3. Cara Menyelesaikan Rubik 4x4 Berantakan

Sebenarnya langkah untuk menyelesaikan rubik 4x4 ini sama saja dengan rubik 3x3. Namun, tentu saja ada beberapa langkah tambahan yang harus dilakukan. Ikuti panduannya di bawah ini:

  • Pertama, tentukan warna wajah rubik yang hendak dijadikan patokan. Karena rubik 4x4 tidak memiliki pusat, pilih dua pusat yang berdekatan. Contohnya, memilih warna putih dan kuning.
  • Buatlah balok kuning 2x2 pada dua sisi berlawanan dari rubik. Pindahkan warna putih ke bagian bawah.
  • Pindahkan pusat yang sudah selesai tersebut ke sisi kiri dan kanan supaya tidak ada yang menghalangi.
  • Karena blok tengah sudah selesai, kini Anda bisa lanjut ke bagian tepi. Gunakan trik R U 'B' R2 untuk menyelesaikan layer ini.
  • Selanjutnya putar layer luar, lalu selesaikan kondisi paritas (tidak ada jalan penyelesaian) dengan menggunakan rumus r2 B2 U2 l - U2 r 'U2 r - U2 F2 r F2 - l' B2 r2.
  • Setelahnya, langsung saja terapkan rumus berikut ini tanpa irisan Rw2 R2 B2 U2 - Lw L 'U2 Rw' - R U2 Rw R '- U2 F2 Rw R' - F2 Lw 'L - B2 Rw2 R2.
  • Untuk penyelesaian, lakukan rumus berikut pada layer terakhir Rw2 f2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U.

Selamat, kini Anda sudah menyelesaikan rubik 4x4 lewat panduan Sharetrans.id ini. Kalau masih terjadi rancu, Anda bisa mengatasinya dengan menerapkan rumus Rw2 Fw2 F2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U. Atau bisa juga dengan menggunakan rumus F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - f2 Lw2 - f2 l2 U'. 

Bermain rubik memang mengasyikkan sekaligus membingungkan. Walaupun begitu, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bermain rubik.